Posted by : Unknown Friday 5 February 2016

1. Gitar Klasik
Gitar Klasik atau sering di sebut dengan gitar Spanyol ini paling banyak di gunakan.  Gitar ini terbuat dari Tripleks khusus dan mengggunakan 6 tali nilon  memiliki bodi berongga dengan soundhole yang  hampir berbentuk seperti angka 8, dan leher mesin tuning /  headstock. Hal ini memebuat gitar klasik mudah di gunakan dalam bentuk memetik maupun digesek. Gitar ini cocok untuk di mainkan musik klasik, bahasa latin dan Flamenco serta musik populer lainnya.
Gitar-Klasik-Akustik-Elektrik
source

Kelebihan Bermain Gitar Klasik
1. Pas unutuk musik klasik, Spanish Style Flamenco, Bossnova dan Fingerstyle-Technicue.
2. Tali nilon walaupun tebal, tetapi memiliki Suara yang lebih terpendam / lebih lembut.  Justrru  sesuai dengan beginner.
3.  Bunyi Gitar yang lebih lembut dan Romantik tapi Passionate

Kelemahan Bermain Gitar Klasik
1. Jarak Antara String dan Fretboard  yang besar, justru fretbard yang lebih besar. Gitar ini susah dimainkan
2. Memerlukan Penjagaan yang lebih
3. Kebanyakan gitar klasik yang bagus lebih mahal dari pada gitar akustik dan elektrik.

2. Gitar Akustik
Gitar Akustik memiliki bodi berlubang (hollow body) atau tabung resonansi yang berfungsi untuk mengeraskan suara dawai yang dipetik. Jenis dan kualitas kayu serta jenis senar yang digunakan akan mempengaruhi suara yang dihasilkan oleh gitar akustik. ciri utama dari gitar akustik ini adalah bodi dan neck (leher) yang ramping dan kecil, senarnya terbuat dari string. Gitar akustik biasa dimainakan pada lagu lagu / musik pop modern, baik melodi maupun rhythm.
Gitar-Klasik-Akustik-Elektrik
source

Kelebihan Gitar Akustik
Gitar Akustik suaranya lebih natural dan alami benar-benar hasil dari resonansi udara yang di hasilkan oleh rongga udara gitar sehingga mengahasilkan suara yang indah dan lembut. Gitar seperti ini cocok dengan musik yang berirama slow , pop, jazz, keroncong, klasik hingga lagu tradisional.

Kelemahan Gitar Akustik
Gitar Akustik hanya musik-musik dengan gendre tertentu saja. Selain itu perkembangannya teknik bermain gitar akustik juga terkesan terbatas atau dengan kata lain di bilang terbatas.

3. Gitar Elektrik
Gitar elektrik merupakan gitar yang getaran dawainya dikeirim melalui sinyal  ke speaker pengeras suara. media yang digunakan untuk menangkap getaran dawai adalah berupa magnet (yang sering disebut pickup gitar).  Pickup tersebut di aktifkan melalui aliran elektrik. gitar ini terbuat dari kayu solid dan tidak memiliki rongga udara. Gitar seperti ini cocok dimainkan untuk lagu-lagu gendre Rock, Blues, Metak, Jazz, dll.

source

Kelebihan Gitar Elektrik
Gitar Elektrik cocok dengan untuk beragam gendre musik termasuk Pop, Rock, Blues, Metak, Jazz, Reggae, Country dll.  Karena gitar seperti ini bisa kita rubah suaranya sesuai dengan gendre musik yang kita ingginkan dengan adanya  beragam effect yang fleksibel atau mudah.

Kekurangan Gitar Elektrik
Gitar elektrik terkadang dengan adanya bergam effeck membuat suara gitar ini tidak natural dan terkesan digital membuat suaranya tidak lagi mirip dengan gitar. Gitar elektrik juga tidak bisa menghasilkan suara yang jelas apabila tidak adanya bantuan speaker pengeras suara.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Gudang Gitar - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -