Posted by : marjuki dahlan Friday 5 February 2016

Gitar atau Guitar dalam bahasa inggris, kata gitar di ambil dari nama alat musik petik kuno  di wilayah persia pada tahun 1500 SM yang di kenal dengan sebutan citar atau setar. kemudian alat musik berkembang dengan berbagai macam model gitar kuno yang di kenal dengan sebutan tanbur. Tanbur Persia kemudian di kembangkan lagi oleh bangsa yunani pada tahun 300 SM dan enam abad setelah bangsa yunani, bangsa Romawi kembangan juga pada tahun  (Bellow, 1970:54-55). sekitar tahun 476 M  alat musik ini di bawa oleh bangsa Romawi ke Spanyol dan berkembang menjadi :

1. Guitarra Morisca yang berfungsi sebagai pembawa melodi

Sejarah-Awal-Mulanya-Gitar

source


2.  Guitarra Latina berfungsi untuk memainkan akor.

Sejarah-Awal-Mulanya-Gitar
source

Tiga abad kemudin bangsa Arab membawa  alat musik baru yang di beri nama  al ud, al ud semacam gitar gambus yang di kenalkan kepada bangsa Spanyol sekitar tahun (Summerfield, 1982:12).  setelah munculnya al ud,bangsa spanyol kemudian membuat alat musiknya sendiri  dari hasil penggabungan antara  alat musik al ud Arab dan ke dua model gitar  romawi yang di beri nama Vihuela, sebagai hasilnya vihuela menjadi populer di spanyol sedangkan alat musik yang sebelum-sebulumnya lambat laun mulai di tinggalkan. Tetapi di Eropa al ud di sambut dengan baik dan berkembang dan menyayingi popularitas vihuela spanyol. kemudian al ud berkembang dan menjadi bermacam macam model lute eropa hingga kira-kira akhir abad ke-17. sementara vihuela berkembang dengan pesat hinggan muncil bermacam-macam model gitar selama berabad-abad hingga akhirnya menjadi gitar klasik. berikut gambar Gitar al ud dan Vihuela

1. Gitar Al ud

Sejarah-Awal-Mulanya-Gitar
source

 2. Gitar Vihuela

Sejarah-Awal-Mulanya-Gitar
source



Keaslian gitar tidak dapat di lihat dari keantikannya, para ahli merasa gitar ini berasal dari benua afrika, karena di benua afrika terdapat banyak replika modern dalam bentuk kotak dan bulat seperti kulit kerang dengan Gut / benang-benang sutera, ahli lain menemukan alat ini berbentuk kaca dan relief-relief batu tua di zaman asia tengan dan asia kuno. Bahan pemikiran lain juga timbul dengan ditemukannya vas vas Yunani Kuno yang bercorak. Greek Strings mungkin adalah alat pertama yang dikatagorikan sebagai gitar. Gitar modern kemungkinan berasal  dari gitar Spanyol, tetapi bermacam jenis gitar seperti instrumen instrumen yang kita bisa saksikan dilukisan lukisan pada zaman Medieval dan Renaiassance yang banyak terdapat diseluruh Eropa.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Gudang Gitar - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -